Sebelum kasus Gayus Tambunan mencuat, Menkeu Sri Mulyani lebih dulu diterpa isu kemplang-mengemplang pajak. Menkeu juga disebut-sebut ada masalah dengan pajak Central Cipta Murdaya (CCM).

Kecurigaan ini berdasar pada dua kasus pajak besar yang terjadi dalam pemerintahan SBY periode sebelumnya yang melibatkan pengusaha yang disinyalir memiliki hubungan dekat dengan SBY, yakni Siti Hartati Murdaya dan PT Asian Agri.

Kontainer berisi puluhan ribu sepatu milik Central Cipta Murdaya (CCM) yang keluar tanpa izin ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta pada akhir Maret 2007. Sang pengusaha, Hartati Murdaya, sempat mendatangi Dirjen Bea Cukai Anwar Suprijadi.

Menurut Hartati Murdaya, kontainer itu keluar karena ada permainan di tingkat bawah yang tidak diketahui pihak manajemen perusahaannya. Tetapi sang Dirjen Bea Cukai bersikukuh tetap memproses penyelundupan ini.

Tak mau kalah, Hartati Murdaya melayangkan surat kepada atasan Anwar, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sejak itu, kasus penyelundupan sepatu milik Hartati Murdaya ini tak jelas lagi juntrungannya [bersambung]

0 comments

Post a Comment

,