FENOMENA FACEBOOKERS

Posted by wiby | 6:38 PM


Melihat fenomenalnya gerakan facebookers belakangan ini, seorang kawan mengatakan bukan tidak mungkin nantinya facebookers akan menggulingkan seorang presiden. Berlebihan?. Tidakjuga. Mari kita lihat gerakan facebookers di Indonesia yang menurut saya sangat luar biasa. Anda ingat gerakan facebookers mendukung Prita Mulyasari dan yang terakhir erakan 1.000.000 Facebooker Mendukung Chandra Hamzah-Bibit Samad




Machmud Mubarok seorang Wartawan Tribun Jawa Barat berpendapat, Sedikit banyak, para facebooker berperan sebagai kelompok penekan. Perlu dicermati juga, pengguna Facebook kebanyakan adalah kelas menengah, mereka yang bekerja di kantoran, mahasiswa, dan kaum intelektual. Di beberapa negara, termasuk di Indonesia, kelas menengah inilah yang menjadi tulang punggung gerakan reformasi.





Tapi seperti normalnya sisi hidup manusia, fenomena facebookers ini di satu sisi bisa postif di sisi lain belum tentu juga berdampak baik. Saat sebuah gerakan dicetuskan, muncul pula gerakan tandingan. Lihat kasus Evan Brimob. Selain munculnya gerakan-gerakan yang menolak Evan ada pula yang mendukung. Fakta lainnya, fenomena gerakan-gerakan facebookers seperti ini tidaklah dapat dijadikan sebagai indikator. Artinya, coba anda tanyakan kepada member facebook yang bergabung dalam gerakan sejuta mendukung Chandra-Bibit. Apakah mereka benar-benar "pendukung". Toh mengklik "Gabung ke Grup" ini tak terlalu sulit.


0 comments

Post a Comment

,