Pengirim spam memang gemar menghalalkan segala cara untuk mengelabui pengguna internet. Berbagai penampakan mendiang artis pop Michael Jackson pun mewarnai peredaran spam di bulan Juli 2009.

Demikian salah satu topik yang dikemukakan Symantec Messagin & Web Security dalam keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Rabu (29/7/2009). Disebutkan bahwa sejak kematian Jackson, 25 Juni 2009, spammer mulai gemar menampilkan sosok The King of Pop itu.


Berikut adalah beberapa penampakan Michael Jackson dalam Spam:

* Who killed Michael Jackson?
* All M. Jackson's faces
* Jackson is still alive: proof
* Remembering Michael Jackson
* Michael Jackson, Farrah Fawcett and You...
* Tonight: Celine Dion Reflects on Michael Jackson!
* Remembering Michael Jackson - the King of Pop;Transformers;
* Jackson ordered too close Neverland
* The Many Fasces Of Michael Jackson


Penyebaran spam berkedok 'Jacko' ini juga ada yang mengandung program jahat. Misalnya, spam dengan judul 'Remembering Michael Jackson' ternyata mengandung sisipan bernama 'Michaeljacksonsongsandpictures.doc.exe' yang dikemas dalam file .zip.

Model lain adalah bentuk penipuan, yaitu spammer berpura-pura menjadi penjual tiket konser Michael Jackson. Ia mencoba menipu pengguna dengan berdalih akan mengirimkan pengembalian uang tiket ke penerima email. Ujung-ujungnya sang pengirim spam ingin mendapatkan data pribadi korban.

Hal lain yang juga banyak dimanfaatkan spammer sepanjang Juli 2009 adalah dirgahayu Amerika Serikat alias 4th of July. Di antara spam bertema hari kemerdekaan ini adalah yang berpura-pura mengirimkan video 'pesta kembang api' padahal sebuah program jahat menanti.

Popularitas situs microblogging Twitter pun tak luput jadi santapan para spammer. Salah satunya untuk menyebarkan program jahat bernama w32.Ackantta.B@mm yang menyamar sebagai kartu undangan dari Twitter.

0 comments

Post a Comment

,